Kamis, 16 Mei 2019

Pengalaman Recruitment Cabin Crew Saudia Airlines

Seperti yang sudah disebutkan pada post-post sebelumnya, bahwa aku juga pernah ikut recruitement di Saudia Airlines.

Recruitment Saudia Airlines dibuka pada tanggal 22-23 February 2019, ada dua batch, satu hari satu batch, kebetulan aku kebagian yang tanggal 22 February.

Ini mungkin salah satu pengalamanku 'paling niat' dalam melamar jadi Cabin Crew sampe diet untuk nurunin berat badanku yang overweight 3kg saat pertama kali coba recruitment di Garuda Indonesia. Aku juga potong rambutku jadi pendek supaya gak ribet harus dikuncir atau disanggul. Kebetulan, email undangan untuk ikut seleksi sudah diemail dari sebulan sebelumnya, jadi aku punya banyak waktu untuk mempersiapkan semuanya, mulai dari belajar-belajar tentang company. Lihat-lihat tips di Youtube dan baca pengalaman orang-orang yang sebelumnya pernah ikut recruitment di Saudia Airlines. Tapi sebenarnya, gaya recruitment setiap tahunnya beda, karena yang aku alami kemarin itu tidak sama persis dengan yang kubaca di blog orang lain.

Dimulai dari bangun pagi hari jam 3 pagi, dan naik kereta sekitar jam setengah 5 pagi. Saudia Airlines ini kebetulan pakai pihak Recruiter, namanya PT Binawan, tempatnya ini berada di Kalibata, kalau dari Stasiun Kalibata cukup dekat sih, bisa jalan kaki (kalau kuat)

Apakah kau lihat matahari terbit itu?

Oh yes, tentu saja aku datangnya kepagian hahahaha

tapi di sana kebetulan sudah ada 3 orang yang datangnya lebih pagi dariku :')

Sedangkan prosesnya baru dimulai jam 08.30

Akhirnya tiba saatnya proses seleksi di mulai. Kami dipisahkan menjadi 2 grup, grup A dan grup B aku kebetulan dapat Grup B hahaha.

Lalu duduk secara terpisah, Grup A di sebelah kiri dan Grup B di sebelah kanan.

(Foto dengan teman-teman se grup karena gabut)

Grup A mulai seleksi pengukuran berat badan, tinggi badan dan arm reach. Untuk arm reach kalian harus sampai jangkauan tangannya pada tinggi 212cm, ini standart penerbangan internasional sih menurutku untuk arm reach 212cm, boleh jinjit tapi tidak boleh loncat ya lol.

Grup B mulai untuk test fisik dan penampilan, dan sedikit wawancara. Pada sesi ini, ada 2 pewawancara di depan, 1 pewawancara akan mewawancari dua orang sekaligus, dan setiap sesi, beda-beda pertanyaannya. Aku sih waktu itu ditanya

"Why you want to be a Flight Attendant" dan "What will you see yourself in 7 years from now?"

Ini pertanyaan standart untuk interview sih menurutku, kalian jawab seprofesional mungkin aja.

Lalu juga dilihat wajah kita, apakah ada jerawat, kulit tak mulus dan lain-lain, aku kebetulan dapat note bahwa gigi depan tidak rata, tapi dapat pertimbangan untuk diloloskan.

Setelah semua Grup selesai dengan perkanya masing-masing, kami bertukar posisi, yang sebelumnya Grup A test tinggi badan dan lain-lain, menjadi test penampilan, begitupun sebaliknya.

Untuk sesi ini, alhamdulillah aku lolos semua syarat :') tinggi dan berat ideal, arm reach sampai, uh senangnya dalam hati.

Selanjutnya ada tes Bahasa Inggris dasar, ada soal reading dan listening, dan soalnya itu gak banyak sih hahaha, untuk Saudia Airlines, pada tes Bahasa Inggris ini kalian harus lolos level B1 atau B2

Syukurlah aku lolos lagi :')



Setelah semuanya selesai danakupengencepetpulangsebenernyakarenalagidemam ternyata masih ada sesi presentasi oleh pihak PT Binawan, tapi pada dasarnya mereka cuman jelasin soal Company profile sama tentang Saudia Airlines itu sendiri, lalu setelah ini kami hanya disuruh tunggu untuk email screening tahap kedua yang entah kapan itu wkwkwk sambil diberitahu persiapan-persiapannya.

Kalian tetep butuh bukti skor Toefel, dan yang diterima hanya toefel yang terdapat ujian speakingnya aja ya~

Sekian pengalaman singkat tentang recruitment di Saudia Airlines, doakan aku cepat dapat email dan lancar sampai lolos semuanya ya hahaha


-HikaRin

1 komentar: